Cara Seleksi Gambar Menggunakan Pen Tool

Tutorial Photoshop: Cara Seleksi Gambar Menggunakan Pen Tool
By. Arwan Habrianto

Artikel kali ini akan membahas tentang Cara Seleksi Gambar Menggunakan Pen Tool setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Seleksi Gambar Menggunakan Channel, Cara Menggunakan Magic Wand dan Seleksi Menggunakan Quick Mask . Tapi sebelum kita masuk ketahapan ini saya akan menjelaskan Bagian-Bagian Pen Tool lebih dahulu guna untuk memperlancar proses pengeditan.

Bagian-bagian Pen Tool sbb :

Sebelum memulai pilih Pen Tool yang terletak pada menu vertikal sebelah kiri jendela Photoshop dan perhatikan bagian-bagian Pen tool berikut. Setiap bagian yang perlu akan saya beri penjelasan mengenai fungsinya masing-masing.

Bagian-bagian Pen Tool
Opsi Untuk Pen Tool :
Tedapat tiga pilihan yang terdapat dalam kotak. Pilihan yang berfungsi ketika menggunakan Pen Tool hanyalah bagian pertama dan kedua saja, sedangkan bagian ketiga hanya berfungsi ketika menggunakan Rectangle Tool atau sejenisnya.

Shape Layers
Dengan memilih Shape Layers maka setiap titik yang kita buat akan dihubungkan membentuk sebuah bidang (shape). Jika antara garis path dan garis yang menghubungkan titik pertama dan terakhir membentuk sebuah area, maka secara otomatis area tersebut akan terpenuhi dengan warna foreground.
Shape Layers

Paths
Pada opsi Paths setiap titik yang dihubungkan akan membentuk path dan tidak membentuk bidang secara langsung. Opsi inilah yang sering digunakan untuk membuat garis-garis vektor. Dalam tutorial ini opsi inilah yang paling banyak akan kita bahas.
opsi Paths

Rubber Band
Mengaktifkan Rubber Band akan sangat membantu karena akan menunjukkan bagaimana bentuk shape selanjutnya sebelum menambahkan Anchor Point.

Opsi Penggabungan Area Path
Disini terdapat empat bentuk penggabungan, masing-masing akan mebuat area yang berbeda jika dua atau lebih path area digabungkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Penggabungan Area Path

Cara Pertama Menggunakan Pen Tool
Ada dua cara untuk menggunakan Pen Tool. Kita buat dulu huruf U menggunakan Horizontal Type Tool yang digunakan sebagai simulasi. Cara pertama buat path baru dengan mengklik ujung kiri atas huruf U, tarik ke kanan dan klik lagi pada sudut lain yang ada di sebelah kanan titik yang pertama. Zoom in (CTRL + Space + Klik) untuk view membesar dan zoom out (Ctrl + ALT +Space + klik) untuk view mengecil, cara ini dilakukan agar didapat hasil yang lebih akurat.
Cara Menggunakan Pen Tool
Ulangi langkah ini untuk membuat path ke bawah sampai pada titik sebelum lengkungan. Untuk bagian lengkungan mulai dari titik terakhir, klik pada bagian tengah lengkungan, tahan klik dan tarik kursor ke kanan sampai path melengkung dengan rapi.
Cara Menggunakan Pen Tool
lanjutkan dengan cara yang sama sampai titik yang terakhir berhimpitan dengan titik yang pertama,

Cara Kedua Menggunakan Pen ToolSebenarnya yang membedakan cara pertama dan kedua hanyalah pada bentuk melengkungnya, sedangkan untuk garis yang lurus sama saja dengan cara yang pertama. Jadi pertama buat path untuk garis lurusnya. Klik pada titik permulaan melengkung, lalu klik lagi pada bagian tengah lengkungan. Disini tidak perlu ditahan dan ditarik. Tekan Ctrl dan klik untuk menyudahi path.
Cara Kedua Menggunakan Pen Tool
Tambahkan Anchor Point pada bagian tengah garis path di bagian lengkungan dengan klik kanan pada path dan pilih Add Anchor Point. Tekan Ctrl, klik Anchor Point yang baru dan tahan lalu geser ke sudut kiri bawah sampai posisinya sesuai lengkungan.
Cara menggunakan pen tool




Cara menggunakan pen tool


dapat juga dilakukan dengan menggunakan tool Add Anchor Point Tool yang ada pada hidden tab Pen Tool.

Menggunakan Path yang Sudah JadiDari langkah yang diatas kita selesaikan path tersebut sampai membentuk huruf U. Path yang sudah jadi dapat digunakan untuk membuat Vector Mask, mendefinisikan Custom Shape, membuat seleksi, memenuhinya dengan warna dan Stroke Path. Klik kanan pada path untuk memunculkan pilihannya.
Menggunakan Path yang Sudah Jadi

Cara membuat seleksiKlik kanan pada path lalu pilih Make Selection untuk mebuat seleksi yang bentuknya seperti path yang kita buat. Anda juga bisa membuat seleksi menggunakan path dengan cara menekan tombol keyboard CTRL sambil klik pada layer letak path berada (bisa lewat panel layer maupun panel path)
Cara seleksi menggunakan pen tool

Demikian Cara Seleksi Gambar Menggunakan Pen Tool . Semoga bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Seleksi Gambar Menggunakan Pen Tool"

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak !!